Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 19 Juni 2018

3 macam gerak tumbuhan bedasarkan rangsangnya

berber18.blogspot.com3 macam gerak tumbuhan


yang pertama

 GERAK ENDONOM
  Gerak endonom adalah gerak yang tidak di pengaruhi oleh rangsang dari luar atau rangsangnya berasal dari dalam tumbuh tumbuhan itu sendiri. karena berlangsung secara spontan dan tidak diketahui penyebabnya,gerak ini disebut juga gerak OTONOM atau gerak SPONTAN  gerak yang termasuk gerak endonom misalnya gerak protoplasma pada umbi lapis bawang merah yang masih hidup. contoh lain adalah aliran sitoplasma pada sel daun hydrilla. gerak ini terlihat berputar (berotasi) sehingga disebut siklosis. gerak ini hanya dapat diamari dengan menggunakan mikroskop

  • Protoplasma yang mengalir dapat di lihat pada bagian sel – sel Elodia.
  • Gerakan kromosom dalam inti sel juga dapat diamatin saat terjadi proses pembelahan. Pembelahan sel disebut pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis.
  • Contoh gerakan lain yakni pada saat terjadinya pecah kulit yang kering. Hal tersebut dapat dengan mudah ditemui di buah polong-polongan atau kacang – kacangan yang mengering kemudian mengeluarkan bunyi.
  • Gerakan yang terjadi pada gigi peristom. Gigi tersebut bergerak pada bagian sporangium organisme lumut. Gerak pada lumut ini disebut dengan gerak higrokopis. Gerak higroskopis terjadi karena disebabkan kadar air yang mengalami pengurangan terus-menerus. Hal ini membuat biji pada sporangium atau kantong spora menjadi retak dan kemudian pecah.

  GERAK HIGROSKOPIS 
 Gerak higrokopis adalah gerak yang disebabkan oleh perubahan kadar air (kelembapan) udara di sekitar tumbuhan. contoh: gerak membuka dan menutupnya sporanggium (kotak spora) tumbuhan paku oleh anulus ; gerak membuka dan menutupnya sporangium tumbuhan lumut oleh gigi peristom; pecah nyah buah polong-polongan sehingga bijinya dapat terlempar keluar
 GERAK ETIONOM
 Gerak etionom adalah gerak yang terjadi karena pengaruh faktor luar atau merupakan respons/tanggapan terhadap rangsang dari luar secara umum dapat dikatakan bahwa gerak etionom pada tumbuhan terjadi karena proses tumbuh dan adanya rangsang dari luar .
ETIONOM dibedakan menjadi macam yaitu tropi (tropisme),nasti,dan taksis 
  
  • Contoh dari rangsangan fisik diantaranya yaitu pengaruh suhu, pengaruh cahaya dan pengaruh gaya.
  • Contoh pada rangsangan mekanik yakni dapat berasal dari sentuhan dan tiupan angin.
  • Contoh pada rangkaian kimia adalah kadar racun yang berasal.


  •  Tropi(tropisme)

Gerak tropisme adalah salah satu gerak yang terjadi pada tumbuhan dengan arah gerak yang sangat di pengaruhi oleh darimana datangnya arah rangsangan, Gerak tropisme dibagi menjadi dua jenis. Jenis gerak tropisme adalah tropisme negatif dan tropisme positif.
  • Gerak tropisme positif adalah gerak dengan arah yang menghampiri atau mendekati rangsangan.
  • Tropisme negatif adalah gerak dengan arah yang menjauhi rangsangan.
Pembagian gerak tropisme berdasarkan sumber rangsang dapat dibedakan menjadi enam beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis gerak tropisme.
  1. Geotropisme adalah gerak yang dipengaruhi rangsang gravitasi
  2. Fototropisme adalah gerak yang dipengaruhi rangsang cahaya
  3. Tigmotropisme adalah gerak yang dipengaruhi rangsang sentuhan
  4. Kemotropisme adalah gerak yang dipengaruhi rangsang kimia
  5. Termotropisme adalah gerak yang dipengaruhi rangsang temperatur atau suhu
  6. Hidrotropisme adalah gerak yang dipengaruhi rangsang air


  • Geotropisme
Geotropisme adalah salah satu jenis gerak tropisme yang terjadi karena disebabkan adanya pengaruh dari rangsangan gravitasi. Jika terjadi rangsangan ini organ pada umbuhan umumnya akan menunjukan gerak pertumbuhan secara Geotropisme. Gerak tersebut terjadi secara positif maupun secara negatif. Geotropisme positif adalah gerak yang terjadi dengan arah yang sama seperti gravitasi bumi. Salah satu contoh yang sangat sering ditemui adalah akar tumbuhan, Pada gerak geotropisme negatif adalah gerak yang terjadi dengan berlawanan arah pada gravitasi bumi. Contoh gerak tumbuhan tersebut adalah batang tumbuhan.

  • Niktinasti
Gerak ini adalah gerak nasti yang terjadi karena pengaruh gelap. Contoh gerak ini yaitu daun yang merunduk pada famili Leguminoceae padasore hari. Gerak tersebut karena adanya perubahan pada tekanan turgor sel penggerak tumbuhan.
  • Fotonasti
Gerak ini adalah gerak nasti karena adanya pengaruh dan rangsangan cahaya. Contoh dari gerak ini adalah Mekar bunga pukul empat dan bunga pukul sembilan.
  • Termonasti
Gerak ini adalah gerak nasti yang terjadi karena rangsangan suhu. Contoh yang terjadi adalah bunga tulip karena tibanya musim semi.
  • Nasti Kompleks
Gerak ini adalah gabungan dari gerak fotonasti, kemonasi dan hidronasti. Contoh yang terjadi yaitu mekanisme gerak stomata karena adanya cahaya. Contoh gerak ini adalah membuka dan menutupnya stomata.
3. Taksis
Taksis adalah gerak yang terjadi karena adanya rangsangan dan luar dan arah rangsangan dari luar. Berdasarkan jenis rangsangan, taksis di bedakan menjadi tiga jenis.
  • Fototaksis
Fototaksis adalah gerakan taksis yang terjadi karena adanya cahaya. Contoh gerak ini adalah, Euglena yang gerak menggunakan bulu cambuk menuju arah cahaya.
  •  Kemotaksis
Kemotaksis adalah gerak taksis karena rangsangan zat kimia. Contoh pada sel gamet di tumbuhan lumut. Pada gamet jantan akan bergerak ke arah gamet betina.
  •  Galvanotaksis
Galvanotaksis adalah gerak taksis akibat dari pengaruh arus listrik. Contoh pada gerak ini adalah bakteri yang gerak ke arah kutub positif atau kutub negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot