Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 23 Juni 2018

pengen jadi pelajar sukses? inih tips nyah - BerBer18


Hei sobat? kali inih saya akan memberikan sebuah beberapa tips menjadi pelajar yang sukses dalam pelajaran maupun prestasi, Menurut Adi Negoro, prestasi adalah segala jenis pekerjaan yang berhasil dan prestasi itu menunjukkan kecakapan suatu bangsa. Kalau menurut W.J.S Winkel Purwadarmtinto, “ prestasi adalah hasil yang dicapai “ dari pengertian diatas maka prestasi bisa didefinisikan adalah sebuah usaha, pekerjaan (Seperti belajar) yang dilakukan dengan sunguh-sunguh sehingga mencapai hasil yang terbaik dan maksimal.

Logika sederhananya, untuk sukses dalam suatu bidang, kamu harus fokus pada bidang tersebut. Yang lainnya berada di bawah, atau bahkan selingan. Karena itulah, pelajar sukses paham bahwa mengutamakan pendidikan adalah keharusan.

bagaimana sih menjadi pelajar berprestasi?
Menjadi pelajar yang berprestasi adalah dambaan setiap orang, namun tidak semua orang bisa menjadi orang berprestasi. Prestasi belajar sesunggunya bisa di capai oleh semua orang tak mengenal ia kaya,miskin, orang yang berasal dari kota atau pedesaan semuanya bisa berprestasi. Di bawah ini beberapa hal yang harus dilakukan agar kita menjadi orang berprestasi 

dan berikut beberapa tips untuk menjadi pelajar yang sukses

1.  Disiplin Diri
  Salah satu kualitas penting lainnya adalah disiplin. Dengan membiasakan disiplin, berarti kamu menghargai betul waktu yang dijatah setiap harinya. Pelajar yang sukses mampu  mengalkulasi jadwal dan mengelola waktu untuk setiap aktivitas. Dengan melakukan hal yang sama, kamu akan lebih antisipatif terhadap masalah.

2. bersikap jujur
 Contoh dari sikap tidak jujur adalah menyontek, atau curang, saat ujian. Ketika melakukannya, kamu secara tak sadar telah mengambil jalan pintas dengan rambu larangan. Jika kecurangan itu berjalan mulus, rasa bersalahmu akan memudar untuk melakukan kecurangan-kecurangan berikutnya. Jika ingin menjadi pelajar sukses, jadilah pelajar yang jujur dan memiliki prinsip yang baik
3.Fokus pada Satu Hal, Hindari Multi-tasking
  Melakukan banyak hal dalam satu waktu akan mendistraksi kita. Pikiran yang bercabang dapat membuat kinerja menjadi kurang maksimal. Misalnya, saat memiliki beberapa tugas, bagilah waktu untuk mengerjakannya secara silih berganti. Bahkan, dalam jeda istirahat, hindari menyentuh pekerjaan lain yang tidak kamu jadwalkan sebelumnya.

4.Sucikan Niat/Luruskan niat
  Dalam ajaran Islam niat merupakan hal yang utama apabila sesorang akan melakukan pekerjaan atau aktvititas, terlebih aktivitas yang berhubungan yang bernilai ibadah. Mencari ilmu atau belajar dalam Islam adalah sebuah kewajiban yang telah ditentukan ketika manusia lahir sampai dengan masuk liang lahat kembali, serta mencari ilmu juga merupakan ibadah. Jadi mari kita luruskan niat kita dalam belajar selain untuk menambah wawasan juga adalah untuk ibadah kepada Allah.


5.Kesungguhan Dalam belajar
  Menjadi pelajar yang berprestasi memerlukan kesungguhan dalam belajar, dalam Islampun dijarkan barang siapa yang bersunguh-sunguh maka ia akan berhasil. Oleh sebab itu sekolah bukanlah sekedar untuk bermain, mencari teman, Jajan dan lain sebagainya tetapi sekolah adalah aktvititas belajar yang memerlukan kesungguhan.


6. Tumbuhkan Motivasi
  Motivasi atau dorongan perlu dimilki oleh setiap orang baik motivasi dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Pelajar yang berprestasi adalah pelajar yang memiliki motivasi besar untuk maju, maka dia akan selalu memberi semangat pada hatinya untuk semangat dalam belajar.

7. Ikuti kegiatan berorganisasi dan Ekstrakulikuler
  Berorganisasi merupakan hal yang menyenangkan agapan organisasi dapat mengganggu pelajaran adalah anggapan yang salah. Justru banyak orang yang berprestasi dengan berorganisasi, para pemimpin negeri ini atau para intelektual yang ada pada bangsa ini juga adalah para alumni organisasi baik organisasi kesiswaa, mahasiswa, masyarakar, pemuda dan lain-lain. Ikut berorganisasi dapat melatih kemandirian,disiplin dan kepekaan siswa dalam hidup ber sosial. Bagi para pelajar yang ikut organisasi juga mempunyai prestasi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot