Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 21 Juni 2018

teori pembentukan tata surya awal abad ke-20

Jika kalian berdiri pada malam hari ketika udara cerah tanpa awan dan kabut kemudian mencoba mengamati jagat raya, akan tampak bola langit yang dihiasi berjuta-juta bahkan milyaran benda langit, baik yang memancarkan sinar (cahaya) maupun yang menerima dan memantulkan sinar. Benda-benda langit tersebut secara umum dibedakan menjadi tiga kelompok utama yaitu bintang, tata surya, dan nebula.


Tata surya merupakan salah satu sistem bintang yang terdapat di galaksi Bima Sakti. Lalu tahukan kalian apa yang dimaksud dengan tata surya dan bagaimana proses terjadinya tata surya tersebut? Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai definisi dari tata surya serta teori-teori yang menyatakan proses terjadinya tata surya. Untuk itu, silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini.
 
Pengertian Tata Surya (The Solar System)
Tata surya atau sistem matahari adalah suatu sistem yang terdapat di jagat raya terdiri atas matahari sebagai pusatnya, planet-planet (termasuk Planet Bumi), satelit-satelit (misalnya bulan), asteroid, komet, meteor, debu, kabut, dan benda-benda lainnya sebagai anggota dari tata surya yang beredar mengelilingi pusatnya, yakni matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapatlah diduga bahwa bintang-bintang yang lainnya pun kemungkinan besar memiliki sistem seperti tata surya dengan pusat dan lintasan orbit tertentu. Dalam arti lain, bukan tidak mungkin setiap bintang memiliki sistem bintang seperti matahari, karena matahari hanya merupakan satu dari milyaran bintang yang ada di jagat raya. Pertanyaannya mungkinkah ada kehidupan lain selain di bumi?

Benda-benda angkasa yang termasuk struktur utama dari sistem tata surya adalah:
1. matahari (the sun);
2. planet-planet (the planets);
3. bulan (the moon) dan satelit lainnya;
4. asteroid; dan
5. komet.

Suara terus bergema hingga saat ini. Pendapat yang mendukung pada penjelasan mengenai quasar ini ada enam.
 Quasar adalah pulsar aneh dengan pusat yang sangat masif dan berputar cepat yang dihubungkan dengan medan magnet sangat kuat.
 Quasar berasal dari tumbukan berulang-ulang jutaan bintang yang terkumpul sangat mampat di sebuah galaksi. Ia melepaskan bagian luarnya hingga membuat bagian dalam bintang sangat masif itu terlihat.
 Quasar adalah galaksi dengan bintang-bintang yang sangat rapat letaknya sehingga pada saat terjadi sebuah ledakan supernova di sebuah bintang, dengan cepat kejadian ini akan merobek bintang lain dan menimbulkan ledakan supernova berantai.
 Quasar mendapat tenaganya dari proses anihilasi materi dengan antimateri, di mana cadangan antimaterinya masih ada di dalam quasar sampai sekarang.
 Quasar adalah energi yang dilepaskan pada saat gas, debu, dan bintang-bintang jatuh ke lubang hitam yang berada di pusat suatu galaksi.
 Quasar tidak lain adalah "lubang putih". Sisi berlawanan dari lubang hitam yang merupakan penyaluran dan muara arus materi yang masuk dari lubang hitam di bagian lain alam semesta. Atau bahkan, mungkin dari alam semesta lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot