Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 14 Juni 2018

keutamaan dan hikmah dari idul fitri

keutamaan dan hikmah dari idul fitri

 Shalat Idul Fitri adalah shalat yang dilaksanakan saat hari Raya Idul Fitri atau disebut dengan istilah lebaran. Shalat pada hari ini memang bukanlah shalat yang biasa kita lakukan rutin, namun hanya dilakukan setelah kita melaksanakan puasa ramadhan. Tentu saja apa yang dilakukan untuk shalat idul fitri sebagaimana yang telah islam syariatkan memiliki makna juga keutamaan jika kita tunaikan.

 Hal ini sebagaimana perintah-perintah Allah yang lain, seperti memakai jilbab, menjaga hijab atau pergaulan lawan jenis, melaksanakan wudhu, menikah, dan lain sebagainya. Setiap perintah Allah tentu saja memiliki keutamaan dan juga makna yang bisa kita resapi. Hikmahnya akan selalu ada bagi kita yang selalu berpikir.

Keutamaan Shalat Idul Fitri


  1. Mengagungkan Asma Allah
Dengan melaksanakan shalat idul fitri kita pasti akan mengucapkan asma Allah berkali-kali terutama kalimat takbiratul ikhram, atau Memaha Besarkan Allah. Dengan begitu kita akan mendapatkan pahala dari mengagungkan dan mengucapkan atau berdzikir atas nama Allah. Tentunya bagi kita yang jarang untuk berdzikir dan mengucapkan nama Allah ini adalah kesempatan besar untuk kita kembali mengingat Allah di hari Raya Besar Umat Islam ini.

  Al Quran menerusi ayat 185 surah al-Baqarah yang bermaksud:
“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangan (hari terakhir Ramadan 30 hari) dan kamu mengagungkan Allah (bertakbir raya) atas petunjuk-Nya yang dianugerahkan kepada kamu agar kamu menjadi orang-orang yang bersyukur.”

  1. Shalat Berjamaah
Shalat idul fitri sudah pasti dilaksanakan secara berjamaah. Untuk itu, dari pelaksanaan shalat berjamaah ini akan membuat kita mendapatkan pahala shalat berjamaah yang besar dari Allah SWT. Inilah kesempatan besar umat islam untuk merapatkan barisan dan mendapatkan kebersamaan lewat shalat berjamaah.
Di saat shalat berjamaah tentunya kita tidak akan memandang bulu, suku, jabatan, rupa, dan hal-hal lainnya. Selagi mereka bersujud kepada Allah dan membesarkan Allah, melaksanakan shalat maka ia adalah saudara semuslim yang harus kita jaga.

  Imam Tabrani r.a. yang bermaksud:
“Barang siapa menghayati malam Hari Raya Aidil Fitri dan malam Hari Raya Aidil Adha dengan amal ibadah sedang dia mengharapkan keredaan Allah semata-mata hatinya tidak akan mati seperti hati orang-orang kafir.”

  1. Silahturahmi Sesama Muslim
Dengan shalat idul fitri, kita juga mendapatkan kesempatan untuk silahturahmi sesama muslim. Mungkin di bulan-bulan atau kesempatan lainnya kita akan jarang untuk bersilahuturahmi. Saat idul fitri ini menjadi kesempatan bagi kita bertemu dan bermaaf maafan dengan kerabat terdekat kita atau tetangga.
Saat idul fitri inilah semua orang islam keluar dari rumahnya dan semuanya menyempatkan untuk bisa ikut shalat berjamaah idul fitri di masjid atau lapangan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, inilah keutamaan shalat idul fitri, dimana Allah tidak hanya memasukkan unsur ketauhidan atau hubungan manusia dengan Allah saja, namun juga memiliki dampak terhadap hubungan manusia dan manusia.


  1. Merayakan Bersama Kemenangan Umat Islam
Dengan melaksanakan shalat idul fitri kita juga bisa merayakan hari kemenangan bersama dengan para umat islam lainnya. Kita bisa merasakan kebersamaan dan kebahagiaan dari apa yang dilakukan setelah shalat idul fitri. Tentunya kebersamaan dan merasakan kebahagiaan bersama adalah hal yang mahal dan tidak tertandingi oleh apapun.

  1. Menunjukkan Ukhuwah Islamiah dan Kekuataan Umat Islam
Karena hukumnya yang sunnah muakad atau fardhu kifayah, maka shalat idul fitri ini membuat orang-orang islam akan terdorong untuk melaksanakannnya. Pengertian Ukhuwah Islamiyah, Insaniyah dan Wathaniyah tentunya sangat penting untuk dipahami dan dilakukan oleh umat islam. Untuk itu, dengan berkumpulknya umat islam bersama maka akan berefek kepada ukhuwah islamiah yang terbentuk. Hal ini juga akan sekaligus menunjukkan bahwa umat islam adalah umat yang besar dan padu. Hendaknya juga menjadi motivasi bagi para umat islam agar saling membantu dalam kebaikan dan juga memberikan dorongan agar memajukan islam bersama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot